Rabu, 29 Maret 2017

Makna Arti Lagu Gundul Gundul Pacul Dari Daerah Jawa Tengah

Makna Arti Lagu Gundul Gundul Pacul Dari Daerah Jawa Tengah

Dari sekian banyak negara di dunia mungkin hanya Negara Indonesia saja yang memiliki banyak keanekaragaman budaya dan seni. Banyak Lagu-lagu Daerah Tradisional Nusantara Beserta Makna/Artinya yang mungkin kita atau malahan tidak tahu sama sekali Makna Atau Arti dari lagu daerah tersebut bahkan mungkin juga sampai tidak tahu apa lagunya dan dari mana asalnya.

Di Blog ini saya akan membahas mengenai keanenka ragaman lagu daerah di tanah air kta Indonesia beserta maknanya , yang mudah mudahan bermanfaat bagi anda yang sedang mencari bahasan tersebut 


Makna Arti Lagu Gundul Gundul Pacul Dari Daerah Jawa Tengah Ini adalah salah satu kekayaan Indonesia dalam kebudayaan,mungkin kita hanya pernah mendengar saja namun belum mengerti makna dari lagu tersebut. Mari kita simak :

Judul    : Gundul – Gundul Pacul
Lirik :
gundhul-gundhul pacul-cul gembelengan
nyunggi-nyunggi wakul-kul kelelengan
wakul ngglimpang segane dadi sak latar   
wakul ngglimpang segane dadi sak latar

Bahasa       : Jawa
Asal Etnik   : Jawa Tengah
Makna & Arti    : GUNDUL2 PACUL CUL artinya orang yang dikepalanya sdh kehilangan 4 indera tersebut yang mengakibatkan sikap berubah jadi GEMBELENGAN (congkak). NYUNGGI2 WAKUL KUL (menjunjung amanah rakyat) selalu sambil GEMBELENGAN (sombong hati), akhirnya WAKUL NGGLIMPANG (amanah jatuh gak bisa dipertahankan) SEGANE DADI SAK LATAR (berantakan sia2, tak bisa bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat)

Demikian Makna Arti Lagu Gundul Gundul Pacul Dari Daerah Jawa Tengah yang bisa saya bahasa kali ini mudah mudahan sangat bermanfaat